Monday 7 October 2013

Penjelasan Entity Relational Diagram (ERD)

Model adalah gambaran yang mewakili kenyataan. Model dapat dibuat untuk sistem guna untuk memahami suatu sistem dengan baik dan sebagai sarana dokumentasi untuk pengembangan suatu sistem informasi.

Pemodelan data adalah teknik menggambarkan atau mendesign data yang akan dipakai oleh sistem. Pemodelan data yang paling umum digunakan adalah Entity Relationship Diagram (ERD). ERD menggambarkan hubungan relasional antara entitas satu dengan entitas lain. Berikut adalah komponen-komponen dari ERD:

1. Entitas
Entitas adalah sarana yang digunakan oleh bisnis untuk menyimpan data. Biasanya digambarkan dengan simbol persegi panjang, ada juga yang menggambarkan dengan simbol persegi panjang dengan sudut tumpul. Macam-macam entitas adalah sebagai berikut :
Entitas induk : adalah entitas utama, bercirikan dapat membedakan tiap record hanya dengan sebuah primary key.
Entitas asosiatif : adalah entitas yang menerima primary key nya lebih dari satu entitas lain (induk).
Entitas supertipe : adalah entitas yang menyimpan atribut yang umum bagi atau lebih subtipe entitas. Biasanya primary key dari entitas supertipe akan turun menjadi foreign key pada entitas subtipe.
Entitas subtipe : adalah entitas yang beberapa atribut umumnya diletakkan pada supertipe entitas. Biasanya ada foreign key dari entitas supertipe.

2. Atribut
Atribut adalah sifat atau karakteristik deskriktif entitas. Biasanya juga disebut sebagai elemen, sifat, dan bidang.
Beberapa atribut dapat dikelompokkan secara logika menjadi superatribut yang disebut compound attribute atau atribut gabungan, yaitu atribut yang terdiri dari atribut-atribut lain. Contoh paling mudah adalah superatribut nama yang terdiri dari atribut nama depan dan atribut nama belakang.

3. Key
Key adalah atribut atau kelompok atribut, yang mewakili nilai unik untuk tiap entitas. Jenis-jenis key adalah sebagai berikut:
Concatenated key adalah kelompok atribut yang secara unik mengidentifikasi entitas.
Candidate key adalah kandidat untuk menjadi identifier utama pada entitas.
Primary key adalah candidate key yang paling umum digunakan untuk mengidentifikasi secara unik entitas tunggal.
Alternate key adalah candidate key yang tidak terpilih menjadi primary key.
Subsetting criteria adalah atribut yang nilai terbatasnya membagi entitas menjadi subset.
Foreign key adalah primary key pada satu entitas yang diserahkan ke entitas lain untuk mengidentifikasikan contoh hubungan.

4. Hubungan dan kardinalitas
Hubungan menggambarkan relasi entitas dengan entitas lainnya. Kardinalitas menetapkan jumlah minimun dan maksimum kemunculan satu entitas untuk kemunculan tunggal entitas yang berkaitan. Jenis kardinalitas antara lain:
One to one
One to many
Many to many


0 comments:

Post a Comment