Friday 10 October 2014

Penjelasan dan contoh UML Multiplicity

Pengertian Multiplicity

Cara kerja UML adalah dengan mendefinisikan notasi dan sebuah meta-model. Notasi tersebut adalah model-model yang direpresentasikan dalam bentuk grafis, ini adalah syntax untuk bahasa permodelan. Untuk contohnya, notasi class diagram mendefinisikan bagaimana item-item dan konsep-konsep seperti class, association, dan multiplicity direpresentasikan.
Tentu saja, ini semua mengarah kepada pertanyaan apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sebuah association atau multiplicity atau bahkan sebuah class. Para pengguna umumnya menyarankan beberapa definisi-definisi informal, tetapi banyak orang menginginkan informasi yang lebih daripada itu semua.
Multiplicity dari suatu titik association adalah angka kemungkinan bagian dari hubungan kelas dengan single instance (bagian) pada titik yang lain. Multiplicity berupa single number (angka tunggal) atau range number (angka batasan). Multiplcity merepresentasikan jumlah koneksi suatu class dengan class yang lainnya. Pada contoh, hanya bisa satu ‘Customer’ untuk setiap ‘Order’, tapi satu ‘Customer’ hanya bisa memiliki beberapa ‘Order’.
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Classmenggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Objek 


  • Objek didefinisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti untuk suatu masalah. 
  • Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan lainnya. 
  • Istilah identitas berarti bahwa objek dibedakan oleh sifat yang melekat dan bukan dengan uraian sifat yang dimilikinya. 
  • Contohnya : kembar identik, walaupun mereka nampak seperti sama, tetapi merupakan dua orang yang berbeda. 
  • Kadang-kadang objek berarti suatu barang, maka digunakan istilah object instance, dan object class untuk menunjukkan satu grup dari barang yang sama. 

Kelas


  • Suatu object class menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat (atribut), perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. 
  • Contoh : Orang, perusahaan , binatang, proses adalah objek. 
  • Setiap orang mempunyai umur, IQ, dan mungkin pekerjaan. Setiap proses mempunyai pemilik, prioritas, list dari sumber daya yang dibutuhkan. 
  • Objek dan object class sering sama sebagai benda dalam deskripsi masalah.

UML Multiplicity Notations

UML Multiplicity Notations

Contoh class untuk masing – masing multiplicity

Mulitiplicity and Navigation

0 comments:

Post a Comment