Wednesday 21 March 2012

Pasang Adsense di Blogspot

Alhamdulillah nyoh, setelah sekian lama ngedaftar google adsense untuk mencari dollar dari dunia online, akhirnya diterima juga lamaran saya nyoh. Sebelumnya ada kali 5 lamaran saya yang saya ajukan ke adsense. Tapi gagal terus gagal terus, karena saya membawa mas kawinnya forum duniaceria itu lho.. yang keren banget itu... Haha.. Sekarang saya diterima karena membuat blog baru di blogspot, dimana ini juga merupakan produk dari si mbah google sendiri. Oke langsung aja kita bahas yah apa itu google adsense, biar pada ga penasaran.

Apa itu Adsense?
Google adsense adalah media periklanan yang dimiliki oleh google dengan sistem periklanan CPC (Cost Per Click). Cara kerjanya google adsense adalah menyebarkan iklan-iklan yang diorder oleh customer google melalui google adwords. Penyebaran dari iklan tersebut dipasang di website-website yang diterima google untuk menjadi publishers google adsense. Makanya mungkin para nyonyoh suka lihat iklan yang tulisannya Iklan Oleh google, Ads by Google, Adchoice itu semua adalah iklan-iklan yang dipasang melalui google adsense itu sendiri.

Kapan adsense dipasang di blog ini (otaknakal's blog)?
Ini sebenarnya cukup nekad saya dalam melamar si google adsense. Karena selalu penasaran dengan google adsense, akhirnya belum ada seminggu dari umur website ini, saya langsung nekad daftarkan ke google adsense. Diterima nyoh? Alhamdulillah diterima. Pada saat mendaftar google adsense, blog ini baru ber-artikel 3 buah, namun tulisannya original milik saya sendiri. Tidak berani lah copas copas untuk ngelamar google. Niatnya saya buat blog ini juga isinya sih niatnya untuk konten original semua. Kalau copas mah sudah ada tempatnya di forum  duniaceria  itu. Hahaha... Waktu penerimaan juga tak sampai dari seminggu, karena saya mendaftarkan blog ini umurnya belum seminggu, lalu saat diterima Adsense pun blog saya belum seminggu. Artinya proses pendaftaran sampai penerimaan adsense kurang dari seminggu kan? :D

Siapa yang wajib pasang adsense?
Tidak ada kewajiban sebenarnya memasang adsense, karena jika website tak dipasang adsense yah tidak berdosa. :D. Cuma tampaknya kayanya sih sayang aja kalau blog yang mempunyai trafik yang tinggi tidak dipasang google adsense. Detik dan kaskus adalah contoh website besar yang ikutan memasang adsense. Artinya kan berarti earning dari adsense itu tidak kecil untuk mereka. Nah sebagai pemula pun tidak dilarang untuk ikutan adsense. Itung-itung mengais recehan dollar kenapa ngga. Iya ngga?

Cara Mendaftar google adsense
Untuk memasang adsense, kamu harus memiliki account adsense yang sudah di approve. Inilah langkah-langkah dalam membuat google adsense.


  1. Harus memiliki website atau blog terlebih dahulu. Blog atau website berfungsi sebagai mas kawin untuk melamar google adsense. Disini nanti blog atau website akan dinilai oleh tim google, apakah blog tersebut layak untuk menjadi publisher dari google adsense. Untuk membuat Blog, kamu bisa gunakan layanan blog seperti blogger atau wordpress.
  2. Pelajari dulu kebijakan kebijakan google mengenai syarat situs yang memenuhi kriteria dari google. Untuk syarat-syarat tersebut bisa di baca di link ini.
  3. Daftar ke google adsense, ikuti saja petunjuk pengisian yang tertera di situs tersebut. Pendaftaran bisa di klik disini.
  4. Duduk manis deh, tinggal dulu pengumuman dari google adsense. Review akan dilakukan 2 kali. Untuk review pertama akan dilakukan biasanya 1 hari dari pendaftaran, dan kalau review pertama sudah lolos, dilakukan review kedua biasanya selesai dalam waktu 4 hari.



Keuntungan memasang Adsense
Yang jelas pasti dapet dollar kalau mencapai PO. hehe. Saya belum tahu apalagi yang kita dapatkan selain mendapatkan dollar. Beberapa artikel sempat bilang kalau pasang adsense berpengaruh ke SERP, namun karena saya masih newbie dalam adsense, jadi saya belum bisa berkata banyak.

Mudah2an tulisan ini bermanfaat untuk pembaca semua.

9 comments:

Tomppa said...

kemarin di tolak adsene, sedih :( gmna lg masih baru ngeblog,

bagi agan yang baik hati, bantu beri saaran atau komen ya, biar bisa ketrima
http://indonesiapsikologi.blogspot.com

google said...

@er rizqie
Waktu ditolak ada pesan apa yah dari google? coba di share alasan ditolaknya disini

Anonymous said...

kalo masalahnya adalah Jenis Halaman gimana tuh ?

Anonymous said...

mantap gan shareny ane juga terinspirasi buat ikutan adsense tolong di review gan

http://bisnisonline-2013.blogspot.com/

google said...

@ady : kalau jenis halaman saya juga belum begitu paham apa maksudnya. Mungkin bisa share disini email dari si mbah kaya apa.

@bisnisonline : sama2 gan.. sampai detik ini belum pernah PO juga. :(

dc said...

PASANG IKLAN DI KUMPULBLOGGER

http://review999.blogspot.com/2012/12/pasang-iklan-di-kumpulbloggercom.html

iba desig said...

ah lamun ges di tarima ,,,pecuma mun weuh nu ngklik mah tah si iklan eh :D

Unknown said...

saya daftar dr adsence tp g bs, di minta lgsung daftar dari blogger, gmn caranya?

google said...

Masuk aja nyoh di menu bloggernya... nanti ada earning kok di menunya.. trus ikutin aja deh cara daftarnya

Post a Comment