Sunday 11 March 2012

Penipuan online mengatasnamakan PT Bintang Toedjoe


Penipuan mengatasnamakan pihak lain yang sudah mempunyai nama besar di mata publik kerap terjadi. Baru-baru ini adalah penipuan yang mengatasnamakan PT Bintang Toedjoe dimana pelaku sempat membuat situs dengan alamat WWW.BINTANGTOEDJOE.CO.CC.


Saya mendapatkan informasi bahwa ada penipuan mengatasnamakan PT Bintang Toedjoe dari email yang berisi sebagai berikut :

“Waspadalah terhadap upaya Penipuan yang mengatasnamakan “Bintang Toedjoe” melalui website WWW.BINTANGTOEDJOE.CO.CC. Pelaku akan mengirimkan SMS dari nomor 0815 522 6040, dimana penerima SMS dinyatakan sebagai pemenang undian dan harus menghubungi telepon 021 – 4085 6486 dan 021 – 4058 6487 untuk pengambilan hadiah. Tim internal Bintang Toedjoe sampai dengan hari ini sedang berupaya untuk segera menutup website tersebut. Agar diketahui bahwa website resmi PT Bintang Toedjoe adalah WWW.BINTANG7.COM dengan nomor telepon 021 - 475 7777.”

Terkait dengan penipuan diatas, saya mempunyai beberapa poin untuk dibahas pada kasus ini.

  1. Alamat situs si penipu, Alamat situs yang digunakan menggunakan TLD .co.cc. Perlu diketahui untuk domain yang ber TLD .co.cc adalah gratis. Domain tersebut bisa dibuat di situs  http://www.co.cc/ dan gratis. Tentunya mana mungkin perusahaan besar memakai domain gratisan sebagai situs resmi perusahaannya.
  2. Alamat situs Bintang Toedjoe, Apa yang salah dengan alamat situs bintang toedjoe? Tidak ada yang salah dengan alamat tersebut. Tapi sebenarnya alangkah baiknya untuk perusahaan-perusahaan besar menggunakan TLD .co.id. Kenapa harus menggunakan .co.id? .co.id adalah TLD yang menunjukkan corporate di Indonesia. Mendaftarkan domain .co.id tentu tidak mudah. Harus disertai SIUP, TDP, dan surat-surat lainnya yang terkait dengan perusahaan. Dengan ber-TLD co.id tentu menyatakan bahwa situs itu adalah benar milik dari suatu perusahaan. .com apakah tidak bersyarat seperti itu? Tentu tidak, walaupun .com adalah domain berbayar, tidak gratis seperti .co.cc, namun semua orang bisa membuat domain dengan TLD .com, bedanya dengan co.cc adalah .com membayar saja.
Mudah-mudahan tidak ada lagi penipuan-penipuan di Indonesia kita ini. Amin

2 comments:

Daily Photography said...

siipp.. mksih infonya :)
kmrn aq dapet mz penipuan :D

google said...

@Saladin : mungkin bisa di share mas dulu penipuan yang dialami seperti apa. Thx

Post a Comment